jawaban bagian I
Jawaban 1
a. Ditinjau dari Pengertian
Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis
b. Ditinjau dari Definisi
1. Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)
2. Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
3. Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003)
c. Kegiatan-kegiatan yang terkait TI
1. Pendidikan
2. Ekonomi
3. Kesehatan
4. Kepolisian
5. dan lain-lain bidang
d. Unsur-unsur teknologi yang tergabung di dalam TI,
1. Teknologi komputer
Teknologi yang berhubungan dengan termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer
2. Teknologi telekomunikasi
Teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, termasuk dalam kategori ini adalah telepon, radio, dan televisi
e. Mengapa diperlukan TI dan
1. Kompleksitas tugas manajemen
2. Pengaruh globalisasi
3. Perlunya response time cepat
4. Tekanan persaingan
f. Keuntungan dengan memanfaatkan TI
1. Keuntungan Teknologi Informasi
Speed, Consistency, Precision, Reliability
2. Manfaat TI
a. TI memiliki efek besar dan dampak signifikan
b. Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipengaruhi oleh TI
c. TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/organisasi
Jawaban no 2
a. Perangkat Keras (Hardware)
Suatu perangkat yang mendukung untuk berjalannya system komputer, seperti
1. Monitor, monitor berpungsi sebagai layar untuk melihat pekerjaan yang dilakukan pada computer
2. Keyboard,
Berfungsi untuk melakukan pengetikan
3. Mouse untuk menggerakkan kursor pada layar supaya lebih mempermudah kerja
b. Piranti Masukan (Input Device),
Berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam sistem komputer dengan cara atau mekanismenya memberi perintah ke komputer
1. Keyboard
Salah satu piranti input yang paling utama untuk berinteraksi dengan sistem komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks
Kelemahan: untuk melaksanakan pekerjaan berbentuk pilihan (mis: dari suatu menu), keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai pengguna dibandingkan piranti masukan lainnya
Tombol pada keyboard dikelompokkan menjadi 4 bagian : Tombol Fungsi (function key), Tombol Alphanumerik (alphanumeric key), Tombol Kontrol (control key) , dan Tombol Numerik (numeric key)
2. Audio
Mikropon
Prinsip kerja mikropon adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik
Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat, sistem ini memiliki: penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemrosesan bahasa
3. Pointing Devices
Piranti ini dapat digunakan untuk menunjuk suatu titik atau jalur
Piranti penunjuk ini meliputi: joystick, trackballs, dan mouse
Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse)
4. Scanner
Merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, juga tulisan tangan
Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk
c. Piranti Keluaran (Output Device)
Output devices are peripheral devices that enable users to view or hear the computer’s processed data
Visual output – Text, graphics, and video
Audio output – Sounds, music, and synthesized speech
1. Monitor Specifications sebagai layar
2. Printer untuk mencetak hasil pekerjaan
Jawaban soal no 3
1. Perangkat Lunak (Software),
Program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan proses pengolahan data
Salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses data atau memecahkan masalah
a. Computer Programs Sequences of instructions for the computer
b. Stored Program Concept Instructions written in programs are stored and executed by CPU when needed
c. Programming Process of writing (or coding) programs
d. Programmers Individuals who perform programming
2. Program Sistem,
sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer dan sebagai landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya. Fungsi sistem operasi adalah:
a. Mengalokasikan sumber daya, seperti: memori, CPU, Printer, disk drive (Resource manajer)
b. Sebagai perantara pengguna dengan hadware (interface)
c. Menyediakan fasilitas sehingga aflikasi yang komplek dapat diatur untuk dikerjakan dalam urutan yang telah disusun (koordinator)
d. Menyediakan kontrol akses yang melindungi file (guardian)
e. Mengendalikan siapa saja yang berhak masuk (log) dedalam sistem dan mengawasi tindakannya (gatekeeper)
f. Menjadwal pemasukan (input) oleh pengguna, pengaksesan data, proses komputasi, dan pengeluaran untuk meningkatkan kegunaan (optimizer)
g. Mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal accountant)
h. Menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna (server)
Contoh Sistem Operasi adalah IBS-DOS,MS-DOS, Microsoft Windows OS/2, OS/400, Linux, Unix, dan Sun Microsystem.
3. Program Aplikasi,
Program aplikasi yaitu program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik.Contohnya:
a. Word procesin (pengolah kata), contohnya WordStar, Word Perfect, Chi Writer dan Microsoft Word. Fungsinya membantu kita dalam membuat surat, curriculum vitae, karya tulis.
b. Speadheet, yaitu aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka. Contohnya: Lotus, Supercalc, Quatro, Gnumeric, dan Microsoft Excel.
c. Presentasi, yaitu aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah. Contohnya: Microsoft PowerPoint, Microsoft Flash.
d. Database, yaitu aplikasi yang berorientasi pada pengolahan data. Contohnya: dBase III, Fox Base, Foxpro, Mcrosoft Access.
e. Desktop Publishing, yaitu aplikasi yang berorientasi pada pengolahan gambar (desain grafik). Contohnya: Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan Photoshop.
f. Multimedia, yaitu aplikasi yang dapat digunakan dengan beberapa media baik melalui komputer, PDA, handphone, Winamp, Real Player.
g. Internet Browser, yaitu aplikasi yang digunakan untuk membantu dalam mencari informasi dan komunikasi melalui jaringan Internet. Seperti: NeetMeeting, Internet Explorer, Mozilla Firefox, chat, dan messenger.
h. CAD (Computer Aided Design), yaitu aplikasi yang berorientasi pada pengolahan rancangan konstruksi mesin ataupun bangunan. Contohnya: Auto CAD.
http//www.jenalsudirman.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar