Jumat, 18 Februari 2011

tugas 8 dan 9

Materi 8 dan 9
Perangkat komputer
Perangkat komputer terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak, perangkat keras berfungsi untuk memproses fakta dan data menjadi informasi, sedangkan perangkat lunak berfungsi untuk mengatur pemrosesan fakta dan data menjadi informasi.
Perangkat lunak
Bentuk perangkat lunak berbentuk aljabar Boolean yang direfresentadikan sebagai binari digit bentuk nol atau satu. Kode-kode tersebut digabungkan menjadi instruksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic, instruksi mnemonic digabung kembali menjadi bahasa pemrograman.
Program dan pemrograman
Program adalah kumpulan intruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source kode yang dibuat oleh programmer. Sedangkan pemrograman adalah urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga computer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan sipemakai.
Langkah-langkah membuat program
1. Mendefinisikan permasalahan dan membuat rumusan untuk memecakan masalah
2. Implementasi
3. Kompiling
4. Menguji coba dan membuat dokumentasi

Bahasa pemrograman
Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi, bahasa tertulis adalah suatu sistem berkomunikasi dengan menggunakan symbol (huruf) untuk membentuk kata. Dalam bahasa computer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana computer tidak bias memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.
Level bahasa pemrograman
1. Level rendah level bahasa yang mendekati level bahasa mesin, instruksi yang diberikan akan langsung dipahami oleh komputer.
2. Level menengah level bahasa gabungan antara instruksi mesin dengan instruksi yang mulai mendekati bahasa manusia berkomunikasi
3. Level tinggi bahasa pemrograman yang mendekati instruksi manusia berkomunikasi
Sistem bilangan
Suatu cara mewakili besaran suatu item fisik, manusia lebih banyak menggunakan system bilangan desimal (10 macam simbol), sedangkan computer memahami elemen dua keadaan yaitu off (tidak ada arus) dan on (ada arus)
Bilangan dasar atau basis
1. Bilangan desimal bilangan berbasis 10, terdiri atas 10 macam simbol bilangan
2. Bilangan binari bilangan berbasis 2, terdiri atas 2 macam symbol bilangan
3. Bilangan oktal bilangan berbasis 8 terdiri atas 8 macam symbol bilangan
4. Bilangan heksadesimal bilangan berbasis 16 terdiri atas 16 simbol bilangan

Perkembangan bahasa pemrograman
1. Generasi I Bahasa mesin
 ENIAC (Electronic Numerical Integratorand Calculator) pada tahun 1945 oleh mauchly and ecket
 Menggunakan kode-kode biner (0 dan 1), dengan basis dasar transistor. On = 1 dan kondisi off = 0
 Rumit sukar dihafal, dan lama
 Dikembangkan dengan bilangan octal dan heksadesimal
2. Generasi II Low Level Language
 Penyempurnaan bahasa mesin
 Bahasa assembly sudah mulai memasukkan unsure kata bahasa inggris meskipun dalam bentuk singkat
 Bersifat machine dependent
 Penulisan bahasa assembly sudah jauh lebih mudah disbanding dengan bahasa mesin, namun masih terlalu sulit bagi orang awam yang tidak memahami perangkat keras computer, karena beberapa variable masih mengacu pada register, alamat memori maupun alamat port I/O
3. Generasi III High Level Language
 Tahun 1950, fortran (formula Translator), yang sudah bersifat machine independent
 Diikuti bahasa pemrograman aras tinggi seperti basic, cobol, PL/1, pascal, algol, prolog, C, dan lain-lain
 Pemrosesan program oleh computer dalam bahasa aras tinggi ini meliputi compilation, link, execution
4. Generasi IV Bahasa deklaratif
 Bahasa pemrograman ini jauh lebih mudah ditulis karena instruksinya sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari
5. Generasi V Object oriented language contoh simula, Smalltalk, ada, C++, aatau java.

Dasar pemrograman delfhi
Alogaritma adalah sejumlah langkah komputasi yang mengubah masukan (input) menjadi pengeluaran (output) yang benar
Program adalah alogaritma yang diimplementasiakan dalam bahasa pemrograman tertentu
Struktur data adalah cara pengaturan data agar bias disimpan memori computer secara efisien
Program Borland delfhi disebut juga delfhi adalah sebuah perangkat lunak yang digunakanuntuk membuat aplikasi berbasis antar muka grafis di lingkungansistem operasi Microsoft Windows. Dibuat oleh Borland software corporation sejak tahun 1993 dengan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pascal. Digunakan untuk membuat program untuk hitungan, pengolahan data, maupun menganalisis gambar. Delfhi adalah compiler/ penerjemah bahasa delfhi yang merupakan bahasa tingkat tinggi sekelas dengan bahasa pascal, basic dan C. bahasa pemrograman delfhi disebut juga bahasa procedural artinya mengikuti urutan tertentu. Perintahnya dapat dilakukan secara visual.
Delphi merupakan bahasa berorientasi objek, artinya objek, property, dan metoda dikemas menjadi satu kemasan
Ide adalah tempat untuk membuat aplikasi mulai dari
1. Mendesain antar muka
2. Menulis kode program
3. Menjalankan program
4. Mendebug
5. Mengkompilasi
6. Menyebarluaskan aplikasi yang dibuat
Menu bar merupakan tempat menggulung menu-menu perintah. Disebelah kiri masing-masing perintah terdapat sebuah ikon yang menggambarkan fungsinya.
Tool bar adalah sekumpulan tombol yang dapat digunakan untuk melakukan perintah. Fungsinya sama dengan menu bar, namun keunggulannya adalah cepat diakses untuk menjalankan perintan tertentu.
Komponen palette digunakan untuk mengumpulkan komponen Delphi, komponen Delphi dibagi menjadi dua yaitu : komponen visual, komponen nonvisual
Form designer atau form adalah tempat meletakkan komponen-komponen yang diambil dari komponen palette saat mendesain antar muka aplikasi, secara default akan tampil secara otomatis ketika menjalankan program
Code editor adalah tempat untuk menuliskan kode-kode program. Didalam code editor telah ada beberapa baris yang dibuat Delphi secara otomatis, ditempat inilah menyisipkan atau menuliskan kode-kode program secara lengkap.
Objek inspector digunakan untuk mengubah property komponen terpilih yang berada dalam form. Dalam objek inspector ada dua bagian utama yaitu properties dan event. Pada setiap bagian terdapat dua bagian
1. Kolom disebelah kiri merupakan nama-nama property atau event
2. Kolom disebelah kanan adalah nilai-nilai yang diisikan pada property atau event yang bersangkutan.
Object treeview berfungsi untuk menampilkan berbagai komponen yang digunakan pada saat membuat aplikasi yang ditampilkan dengan struktur pohon
Komponen Delphi adalah jantung bagi pemrograman visual, dibagi menjadi berbagai jenis komponen, diantaranya adalah standar, additional, win32, system, data acces, data control, bde, ado, dan lain-lain
File-file Delphi
1. File yang menyimpan program
2. File yang menyimpan binary, gambar dan lain-lain

Reserved word adalah kata-kata baku yang digunakan dalam pemrograman dan sudah terintegrated dalam pascal yang mempunyai bentuk serta kegunaan tertentu yang telah didefinisikan oleh Delphi. Reserved word tidak boleh didefinisikan kembali oleh pemakai, sehingga tidak dapat digunakan sebagai pengenal.
Membuat file exe agar program aplikasi dapat dijalankan tanpa menggunakan program Delphi, perlu dibuat file exe untuk program aflikasi tersebut.
1. Sebelum membuat file exe dari proyek, terlebih dahulu proyek disimpan.
2. Selanjutnya mengkompilasi proyek anda
3. Nama projek yang kita buat adalah proyek I setelah itu klik menu build < nama-proyek-anda 4. File exe tersebut berada direktori tempat proyek tersebut dibuat Aturan penulisan Delphi 1. Bahasa paskal menggunakan huruf (aAzZ), angka (0..9), dan symbol khusus (+-*/=^<>(){},.;#$)
2. Tidak dibedakan penulisan menggunakan huruf capital maupun huruf kesil
3. Penlisan kode bisa dimulai dari kolom ke beberapa saja bisa memanjang sampai kolom beberapapun
4. Setiap akhir pernyataan diakhiri dengan tanda titik koma (;)
5. Akhir program atau unit ditandai dengan penulisan tanda titik (.)
6. Komentar program dapat ditulis dibelakangtanda double slash // hingga akhir baris atau ditulis dengan tanda
Tipe data
Ada enam tipe data pada Borland Delphi, yaitu
1. Tipe sampel terbagi atas dua tipe yaitu
a. Tipe ordinal terbagi menjadi
- tipe integer
- tipe character
- tipe Boolean
- tipe enumerated
- tipe subrange
b. Tipe real
2. Tipe string
3. Tipe structured
4. Tipe pointer
5. Tipe procedural
6. Tipe variant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar