Senin, 07 Maret 2011

rangkuman internet dan multimedia (12, 13)

Internet
Pengertian
Internet adalah jaringan yang terhubung ke seluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai smberdaya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Secara fisik internet adalah interkoneksi antar jaringan computer namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi (Lani Sidharta,1996)
Isi internet adalah informasi yang dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap dan dipandang sebagai dunia maya karena seluruh aspek yang ada di dunia maya ada di internet.
Sejarah internet
Tahun 1969-1972 awal internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Reaaearch Project Agency Network). Mereka mendemontrasikan bagaimana dengan hadwaredan software computer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET Diawali jaringan terpadu antara Stanford research institute, university of Utah diperkenalkan secara umum dan berkembang pesat. Kemudian dipecah menjadi
1. MILNET untuk keperluan militer
2. ARPANET untuk Universitas-universitas
Kemudia jika digabungkan kedua jaringan tersebut dikenal dengan sebutan DARPA INTERNET kemudian disederhanakan menjadi INTERNET
Manfaat intenet

1. Informasi dan berita
2. Bisnis
3. Gaya hidup
4. Ilmu
5. Hiburan
6. Transaksi
7. Sosial.


MULTIMEDIA
Pengertian
Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan mengampaikan informasi dalam bentuk video, animasi, grafik, audio dan text
Beberapa pengertian multimedia
Tuban et al, 2002 kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output, media ini dapat berupa audio (suaraa dan music), animasi, video, text dan grafi/gambar.
Robin dan Lina (2001) alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video.
Hofstetter (2001) multimedia dalam konteks computer adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan meggabungkan teks, grafik, dengan menggunakan tool yang memungkinkan berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Sejarah multimedia
Istilah multimedia berasal dari teater, teater yang dipertunjukkannya memanfaatkan lebih dari satu medium dan sering kali disebut pertunjukkan multimedia. Pertunjukkan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni manusia
Perkembangan multimedia penelitian morgan Stanley . untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika serikat waktu yang dibutuhkan untuk TV 13 tahun dan TV kabel 10 tahun, internet 5 tahun. Perkembangan internet diikuti perkembangan multimedia dan jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat
1. Layanan multimedia online sedang booming
2. Teknologi computer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastruktur multimedia
3. Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta dan DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive.
System multimedia
1. Kombinasi media disebut system multimedia, jika kedua jenis media continuous/discreat dipakai, contoh media diskrit adalah teks, gambar, dan media kontinyu adalah audio dan video
2. Independence, system disebut system multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
Pembagian system multimedia
1. System multimedia stand alone
Merupakan system computer multimedia yang memiliki minimal storage (hardisk, CD-ROM/DVD-ROM/DVD-ROM), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, CD, proyektor), VGA dan souncard.
2. System multimedia berbasis jaringan
System ini harus terhubung mmelalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar, perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama, contoh video converence, permasalahanya bila bandwidth kecil akan terjadi kemacetan jaringan.
Stand alone multimedia
Mempunyai I/O Device untuk menanngkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses plyback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu
Multimedia based on network
1. Harus terhubung dengan jaringan
2. Mampu melakukan sharing system dengan sumber data yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari computer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.
Peran multimedia
Bbidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran terjadi secara interaktif dan dapat dipermudah karena didukung oleh berbagai aspek suara, video, animasi, teks, dan grafik
Bidang jaringn dan internet membantu dalam pembuatan website yang menarik, informative, dan interaktif
Kemampuan multimedia
1. Mengubah teks kerja
2. Mengubah cara belanja
3. Mengubah cara bisnis
4. Mengubah cara memperoleh informasi
5. Mengubah cara belajar
Kontribusi media dalam proses pembelajarn
1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
2. Pembelajaran dapat lebih menarik
3. Pembelajran menjadi lebih inteeraktif dengan menrapkan teori belajar
4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
5. Kualita pembelajarn dapat ditingkatkan
6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpu dan dimanapun diperlukan
7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran dapat ditingkatkan
8. Peran guru berubah kea rah positif
Peran media dalam pembelajaran
1. Membuat konkrit konsep yang abstrak
2. Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
3. Memberikan pengganti pengalaman langsung
4. Mendekatkan objek yang dukar atau berbahaya untuk didekati
5. Memberikan pengalaman segi pengamatan
6. Menyajikan perbedaan warna secara visual
7. Menyajian informasi yang memerlukan gerak
Perkembangan dan jenis media
Generasi pertama (cetak)
Generasi kedua (radio/ audio)
Generasi ketiga (televise/ video)
Generasi ke empat (computer/jaringan)
Tren pemanfaatan media
1. Integrasi dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi
2. Konfergensi penggabungan berbagai tipe media- teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi- kedalam satu buah media tertentu
3. Interaktif adanya komunikasi dua arah antar media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan respon- multimedia interaktif menjawab tantangan pemanfaatan media yang terintegrasi, konfergensi, dan interaktif.
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan guru dan untuk pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia)
1. Multimedia presentasi
a. Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis
b. Digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orang
c. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia proyektor yang memiliki jangkauan pancar cukup besar
d. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsure media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa
e. Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditrif maupun kinestetik.
2. Multimedia interaktif
Suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
Manfaat multimedia interaktif
1. Meningkatkan motivasi belajar siswa
2. Meningkatkan hasil belajar siswa
3. Mereduksi miskonsepsi siswa
4. Mengembangkan kompetensi guru
Model multimedia interaktif
Model Drill salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya, biasanya dalam bentuk latihan soal-soal
Model Tutorial merupakan program pembelajaran yang berisi tujuan, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran dan pola dasarnya mengikuti pengajaran berprogram tipe branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit-unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan dan respon jawaban dari computer
Model simulasi merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penciptaan simulasi-simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
Model gamesdikembangkan berdasarkan atas pembelajaran yang menyenangkan , dimana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan. Dalam konteks pembelajara sering disebut dengan inatructional games (Eleanor. L Criswell, 1989:20)
Cara pemanpaatan internet untuk media pembelajaran
1. Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
2. Memanfaatkan blog yang dikelola guru
3. Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
4. Menggunakan sarana jejaring social
5. Menggunakan learning management system.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar